Thursday 29 May 2014

Hari Ini Festival Teluk Jailolo Resmi di Mulai

Hari Ini Festival Teluk Jailolo Resmi di Mulai
sumber www.flickr.com\photos\rialubis
Jailolo memang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri dari tempat lain, seperti di Jailolo terdapat acara "Cabaret On the Sea" pertunjukan seni konteporer yang dilakukan di atas laut. Konsep teater di atas laut ini belum pernah ada di Indonesia bahkan di Dunia. Pertunjukan seni ini memadukan tari-tarian tradisional, musik tradisional, drama dan koreografi masyarakat Jailolo. Acara yang dilakukan yang dilakukan setiap tahun ini selalu menarik perhatian turis lokal maupun turis mancanegara.


Festival Teluk Jailolo merupakan salah satu contoh perayaan budaya yang menakjubkan, pengunjung yang yang datang akan disuguhi dengan beragam pagelaran yang menarik, seperti : Cakalele, Legu Sarai, Soya-Soya, Tataruba, Musik Yanger, Sara Dabi-Dabi, Horum Sasadu, serta acara kuliner kolosal yang mengundang pengunjung untuk makan bersama.

Hari Ini Festival Teluk Jailolo Resmi di Mulai
sumber www.flickr.com\photos\rialubis
Keunikan lain dari Jailolo adalah sebagian besar titik penyelam di Jailolo mempunyai nama yang mirip antara satu dengan lainnya, seperti NHR, NHR1, NHR2 dan seterusnya. Nama-nama tersebut di ambil dari nama Bupati Halmahera Barat, Namto Hui Roba, beliau merupakan seorang penyelam yang menemukan titik-titik penyelam di Jailolo.


Festival Teluk Jailolo dimulai dengan upacara di Teluk Jailolo yang diikuti beragam kompetisi olah raga pada hari berikutnya. Kegiatan memancing merupakan sebuah tradisi dimana semua orang diundang untuk bergabung bersama. Diskusi budaya dan kontes pemilihan duta bahari juga termasuk agenda dari festival ini.

Titik-titik penyelaman di Jailolo sangatlah mudah untuk dicapai dari yang berada didekat pelabuhan hingga menggunkan speedboat yang terjauh 30 menit prejalanan. Terdapat lebih 15 titik penyelaman yang berada di Jailolo.

Transportasi

Anda dapat menuju Teluk Jailolo dengan 3 jam perjalanan dari Jakarta menuju Ternate, alternatif lain dengan penerbangang dari Manado atau Makassar menuju Ternate. Dari pelabuhan Dufa-Dufa diTernate, Anda lanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat selama 40 menit menuju Pelabuhan Teluk Jailolo. 





Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment