Monday 21 October 2013

Tips Mudah Ke Pulau Komodo

Tips Mudah Ke Pulau Komodo


Pulau Komodo adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi, sekali seumur hidup. Dari banyak referensi tujuan wisata yang semakin terkenal semenjak keikutsertaannya dalam New 7  Natural Wonder ini, dikenal sangat indah.

Untuk menuju ke Pulau Komodo ada beberapa jalur yang bisa anda pilih yaitu melalui jalur udara, jalur darat, dan jalur laut.


1. Jalur udara
Dengan pesawat udara dari Jakarta, anda harus transit di Bali terlebih dahulu. Dari Bali, perjalanan diteruskan menuju Labuan Bajo, sebuah kota kecil di barat laut Flores yang merupakan gerbang untuk menuju Pulau Komodo. Ada beberapa perusahan penerbangan yang melayani rute Denpasar-Labuan Bajo, dengan waktu perjalanan sekitar setengah jam.

Anda dapat menggunakan pesawat dari Jakarta-Bali-Kupang dengan maskapai Merpati Airlines, GT Air dan TransNusa menuju ke Bandara Komodo Flores, selanjutnya dengan menggunakan bemo ke Pelabuhan Bajo. Atau bisa langsung dari Bali menuju Labuhan Bajo dengan menggunakan maskapai TransNusa dengan tarif tiket Rp.990.000/sekali jalan, sekitar 90 menit perjalanan.

2. Jalur Darat
Menggunakan bus dari Denpasar, Bali menuju ke Labuhan Bajo dan Bima.

3.Jalur Laut (Ferry): Sekitar 36 jam perjalanan
Kota Labuan Bajo dan Bima dapat ditempuh dengan menggunakan ferry antar pulau dari Denpasar, Bali.
Hubungi PT. Pelayaran Nasional Indenesia (PELNI) Jalan Raya Kuta No. 229, Tuban - Bali (Tel:0361- 763 963) untuk memesan tiket kapal KM. Tilong Kabila yang akan berangkat dari pelabuhan Benoa, Bali menuju Bima dan Labuan Bajo.

Benoa-Bima-Labuan Bajo 
Dua kali seminggu pada hari sabtu : 09.00 - 20.00 (hari berikutnya).
Tiket sekali jalan dari mulai Rp. 143,000.00 - Rp. 435,000.00 


Labuhan Bajo-Bima-Benoa
Dua kali seminggu pada hari kamis : 08.00 - 11.00 (hari berikutnya)
Tiket sekali jalan mulai dari RP. 143,000.00 - Rp.435,000,00
Catatan : harga ferry dapat berubah sewaktu-waktu
Labuan Bajo-Bima-Benoa
Dua kali seminggu pada hari kamis: 08.00-11.00 (hari berikutnya).
Tiket sekali jalan mulai dari Rp. 143,000.00 – Rp. 435,000.00
Catatan : harga ferry dapat berubah sewaktu-waktu


Jika anda adalah seorang penyelam, maka anda mungkin akan tertarik unutk melakukan live in board. Ada banyak operator live in board yang berangkat dari beberapa titik, termasuk Bali, Lombok, Bima dan Labuan Bajo. Harga tergantung dari fasilitas, kapasitas penumpang dan tingkat kenyamanan, mulai dari sekitar 175 USD hingga 10,000 USD/malam. Anda juga dapat mengambil harga paket, tergantung berapa lama anda ingin tinggal di perairan Taman Nasional Komodo. Harga paket biasanya lebih ekonomis. 
Dari kota Labuan Bajo atau Bima anda dapat dengan mudah menyewa kapal-kapal lokal yang memang di sediakan untuk turis menuju ke dua lokasi utama di Taman Nasional Komodo, yaitu Loh Liang ( di Pulau Komodo ) dan Loh Buaya ( di Pulau Rinca ). Di kedua lokasi inilah anda dapat melihat binatang Komodo dengan ditemani oleh Naturalist Guide yang sudah disediakan oleh PT Putri Naga Komodo.
Harga sewa kapal beragam, tergantung dari jenis dan kapasitas penumpang, jika anda ingin menyewa 1 buah kapal dari Labuan Bajo menuju Loh liang (Pulau Komodo), harga rata-rata sekitar Rp.1.500.00,00/hari (kapasitas 12 orang). Untuk destinasi Loh Buaya (Pulau Rinca), sedikit lebih murah karena jarak tempuhnya yang lebih dekat dari Labuan Bajo, yaitu sekitar Rp.1.200,00/hari (kapasitas 12 orang).
Dari Bima (Sape) menuju ke Taman Nasional Komodo, harga sekitar Rp.3.000.000,00/ 2 hari 1 malam (kapasitas 15 orang).Walaupun agak mahal tapi saya jamin liburan anda gak akan sia-sia. Nah,sekarang anda sudah tau bahwa cara menuju ke Taman Nasional Komodo ini sebenarnya sangat mudah! Ayo berkunjunglah kesini ! Dijamin, liburan anda pasti sangat menikmati liburan anda.
Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

7 comments:

  1. ada info no kontak hp yg bisa dihubungi untuk sewa boat dr sape menuju pulau komodo? terimakasih

    ReplyDelete
  2. Tipsnya sangat membatu banget, makasih gan infonya ..tempat wisata indonesia

    ReplyDelete
  3. Wah tips yang bagus nih biar mempersiapkan dana dan memilih jalur mana yang seru kayaknya ane milih jalur laut lebih seru hehe... Baca juga wisata di Pulau Wakatobi

    ReplyDelete
  4. kalau dr bali nak ke labuan bajo..flight apa je yang ada?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. sangat bermanfaat bisa persiapan budget buat liburan kesana. mantap informatif

    ReplyDelete