Sunday 15 June 2014

Menikmati Senja di Kota Masohi

Masohi Keindahan yang Tersembunyi di Maluku Tengah
Masohi merupakan ibu kota dari Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Kota ini dibangun pada tahun 1957 yang diresmikan lewat peletakan batu pertama oleh presiden pertama RI Ir.Soekarno.

Banyak orang berpendapat bahwa kota ini merupakan kota mati, karena suasana di kota ini cukup sepi. Tidak ada kemacetan atau antrian kendaraan seperti di kota Ambon. Padahal sebenarnya kota ini adalah kota yang penduduknya cukup banyak. Masohi kehilangan banyak warganya setelah konflik kemanusiaan yang terjadi beberapa tahun silam memaksa begitu banyak penduduknya berpindah tempat ke daerah-daerah disekitar Maluku. Namun setelah berbenah diri, kota ini banyak dihuni oleh pendatang, mulai dari suku Bugis, suku Jawa dan suku Buton.

Di karenakan Kota ini begitu alami, banyak sekali pohon disekitar sudut kotanya, dan banyak hal menarik yang Anda bisa nikmati disini. Dari segi pariwisata, Masohi tidak kalah menarik dengan kota-kota lainya di Provinsi Maluku. Ada beberapa pantai yang sangat menarik dengan pemandangan alam yang begitu indah. Pantai Kuako, merupakan salah satu dari sekain banyak pantai yang bisa Anda kunjungi di kota ini. Pantai ini menyajikan pemandangan alam yang cukup eksotis, hampir setiap pekan pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun interlokal.

Masohi Keindahan yang Tersembunyi di Maluku Tengah
senja di atas bukit kirai. (sumber google)
Ada juga Bukit Kirai, dari bukit ini Anda dapat melihat seluruh penjuru kota Masohi, apalagi pada malam harinya. Pada saat senja pemandangan dari bukit ini sangatlah indah. Tidak jauh dari Bukit Kirai, Anda dapat melihat pahatan di tebing karang yang bertuliskan MASOHI sebagai ikon kota.

Ada satu tempat favorit lagi bagi anak-anak muda Masohi selain Bukit Kirai. Tempat itu yang oleh penduduk setempat menyebutnya dengan Pengeringan, lokasinya disebelah barat kota tepat di pesisir pantai kota Masohi. Tempat ini biasanya ramai pada sore hari, berbagai aktivitas dilakukan di tempat ini mulai dari bermain bola, memancing, berenang, hingga duduk-duduk saja sambil menuggu matahari terbenam (sunset).

Jika Anda suka dengan dunia bawah laut, Masohi merupakan destinasi tempat wisata yang patut Anda kunjungi. Mulai dari biota lautnya yang beragam, kondisi terumbu karangnya yang masih terawat hingga kualitas air lautnya yang masih alami. Walaupun memiliki begitu banyak keindahan, belum banyak orang yang mengetahui tempat ini.


Trasportasi

Dari Jakarta langsung saja menuju Bandara Pattimura Ambon, setelah sampai disana Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Tulehu, untuk menyebrang ke Amahai menggunakan kapal cepat. Masalah tempat tinggal tidak terlalu sulit, karena di Masohi sudah ada banyak hotel dan penginapan yang tersedia dan mudah sekali untuk ditemui.
#AyoKeMaluku (sumber: http://t-baronda.blogspot.com/)


Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment