Sunday 15 June 2014

Tual Kota Yang Beradat

KOTA TUAL : Keindahan Kota Beradat

Kota Tual adalah sebuah kota di Provinsi Maluku. Kota ini pernah menjadi bagian dari Kabupaten Maluku Tenggara. Kota Tual merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang terdiri dari 66 pulau, 13 diantaranya berpenghuni sedangkan 53 pulau lainnya masih kosong. Memiliki keindahan pulau dan pesisir pantai nan putih membuat Tual sebagai salah satu kota di Maluku yang mempunyai daya tarik tersendiri baik bagi pendatang asing maupun lokal.


Kota Tual mempunyai akar budaya dan adat istiadat yang sama dengan Kabupaten induknya Maluku Tenggara  yaitu filosofi adat hukum Larvul Ngabal. Nilai-nilai yang terkandung di dalam hukum Larvul Ngabal mampu memelihara ketertiban & hubungan keakraban antar penduduk, menanamkan rasa gotong royong ( Budaya Maren ), serta memupuk kesadaran masyarakat untuk menjaga keharmonisan alam melalui sistem "Hawer" yang mengoptimalkan pemanfaatan semberdaya alam secara bijak & berkelanjutan. Singkatnya, faktor budaya adat dan istiadat dapat diandalkan unutk menjaga keseimbangan lingkung yang mendukung adanya sautu keadaan yang kondusif dan harmonis.

Potensi Wisata

Potensi Wisata di Kota Tual juga sangatlah banyak, seperti Pantai Ngurbloat; pantai dengan pasir terhalus di Asia, Pantai Ngursardanan, Pantai Daftel, Mata Air Nen Masil Evu dan pemandian Alam, dan masih banyak lagi.


Kuliner

Enbal dan Kacang Botol merupakan oleh-oleh khas Maluku Tenggara, hal ini di karenakan Enbal merupakan makanan pokok Maluku Tenggara. Enbal sendiri ada beberapa jenis yang disediakan ada Enbal Bunga, Enbal Keju, Enbal Coklat dan masih banyak lagi.

Transportasi

Kota Tual dapat Anda capai dengan penerbangan domestik dari Jakarta melalui Ambon, atau pun langsung Jakarta-Tual.  (sumber: http://t-baronda.blogspot.com/)











Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

1 comment:

  1. tempat tempat di tual masih sangat asri jadi sangat cocok dijadikan tujuan destinasi wisata. Semoga keindahan lingkungan di tual selalu dijaga ya

    berita cpns

    ReplyDelete