Monday 22 September 2014

Keunikan Desa Budaya Banda Ely - Kei Besar

Desa Budaya Banda Ely - Kai Besar

Jika Anda ingin merasakan suasana desa yang masih asri dengan budaya serta adat istiadatnya yang masih terjaga, maka berkunjunglah ke Desa Budaya Banda Ely, tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata di Kepulauan Kai yang wajib Anda kunjungi. Desa Banda Ely terletak di Kepulauan Kai Besar Utara, Maluku Tenggara, yang bejarak sekitar empat jam dari pusat Kota Tual, dengan menggunakan Kapal Laut.


Penduduk di Desa ini sebagian besar berasal dari Banda Naira, sehingga dialek bahasa, adat, serta tradisinya agak lain jika dibandingkan dengan desa-desa yang berada di Kepulauan Kai. Penduduk desa ini mulai bermukim di Kepulauan Kai sejak tahun 1621 saat terjadinya peperangan melawan Belanda yang waktu itu dipimpin oleh J.P.Coen.

Desa Budaya Banda Ely - Kai Besar

Bahasa asli setempat masih digunanakan oleh penduduk desa Banda Ely hingga saat ini dan masih berpegang teguh pada tradisi mereka seperti tarian dan seni musik lainnya. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke desa Banda Ely. Selain memiliki keragaman budaya dan adat istiadat, desa ini juga menjadi pusat handicraft atau kerajinan tangan seperti, tembikar, besi, perak dan kerajinan tangan lainnya. Tak hanya itu, desa ini juga merupakan penghasil emas kei yang merupakan salah satu jenis logam berharga amalgam yang digunakan sebagai perhiasan di Kepulauan Kai.

Desa ini berdekataan dengan Desa Haar yang terkenal sebagai tujuan wisata para penyelam karena terumbu karanngnya sangat mempesona. Selain itu, di desa Haar juga teradapat Gunung Ar, yang menyimpan bangunan benteng yang sangat kokoh da. kampung tua.

Desa Budaya Banda Ely - Kai Besar
Walau masih menggunakan bahasa asli, Anda tidak perlu khawatir karena penduduk disini banyak yang bersedia sebagai penerjemah selama Anda berada disana. Di desa ini Anda akan dipuaskan dengan menyaksikan beragam kesenian seperti tarian, ritual adat, musik yang unik, serta Anda dapat mengunjungi tempat pembuatan kerajinan tangan yang eksotik oleh kelompok tradisional.

Daya tarik utama desa ini adalah Anda menyaksikan. melihat serta merasakan adat, dan budaya yang masih asli yang bebas dari pengaruh moderenisasi. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi desa Banda Ely, maka pastikan Anda membawa kamera terbaik yang Anda punya, karena banyak sekali tempat alami yang bisa menjadi objek jempretan kamera Anda. #AyoKeMaluku

sumber : http://t-baronda.blogpspot.com


refensi
http://www.yukpegi.com/indonesia/melihat-keunikan-desa-budaya-banda-ely/

http://travelblog.ticktab.com/2014/08/22/menyisir-keindahan-dan-keragaman-budaya-dan-adat-asli-di-desa-banda-ely/
Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment