Sunday 15 June 2014

Sigofi Ngolo: Ritual Bersih-Bersih Laut dari Roh Jahat

Sigofi Ngolo: Ritual Pembersihan Laut Dari Roh Buruk
sumber foto http://www.indonesia.travel
Sigofi Ngolo merupakan penanda pembuka event Festival Teluk Jailolo 2014. Iring-iringan kapal yang sudah dihiasi secantik mungkin, disertai musik perkusi yang bergerak sejak pagi dari Teluk Jailolo menuju pulau Babua yang diangggap keramat. Kapal-kapal motor yang ikut serta dalam ritual ini sering disebut kora-kora oleh warga setempat.

Sembilan kapal kora-kora serentak berlayar menuju pulau Babua untuk berziarah makam. Kapal inti membawa sesajian dan bunga untuk diletakan di makam keramat yang berada di pulau Babua. Kapal inti memimpin didepan sedangkan kapal-kapal yang lain mengikuti dari belakang. Setibanya di sana semua perahu mengitari pulau tersebut sebanyak tiga kali. Setelah putaran yang ketiga kapal inti yang berisi pemuka adat akan menabur bunga tepat dipinggir pulau tersebut.
Sigofi Ngolo: Ritual Pembersihan Laut Dari Roh Buruk
(Babua Islands) sumber foto https://www.flickr.com/photos/tatakimo
Ritual ini sering juga disebut sebagai ritual bersih laut, namun bukan membersihkan laut dari sampah. Mereka membersihkan laut dari segala niat buruk, dan meminta izin kepada "penguasa laut" untuk memulai event dengan niat yang baik dan tulus.

Tak mau ketinggalan empat kerajaan yang berada di Maluku Utara: Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan mengirimkan perwakilannya untuk ikut serta dalam ritual ini. Tidak hanya itu, berbagai perwakilan masyarakarat dan juga wisatawan yang ingin merasakan pengalaman batin proses sakral ini.

Ritual adat Sigofi Ngolo diadakan rutin setiap akan digelar Festival Teluk Jailolo. Pastikan Anda ikut serta dalam ritual adat yang sakral ini dengan datang langsung ke Jailolo. Bukan hanya ritual adat dan pesta rakyat yang dapat dilihat namun juga berbagai tarian, budaya, dan hasil bumi. #jelajahijailolo #AyoKeMaluku (sumber: http://t-baronda.blogspot.com/)

Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment