Saturday 16 November 2013

Bunaken Surga Bawah Laut di Manado yang Mendunia

Bunaken Surga Bawah Laut di Manado yang Mendunia

Taman Laut Nasional Bunaken, mempunyai area dengan luas 75.265 hektar. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado, Pulau Siladen dan Pulau Mantahage beserta anak pulau yang di sekelilingnya. Dan jumlah penduduk yang ada di kelima pulau tersebut sekitar 21.000 orang.


Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan "Segi Tiga Emas". Lebih dari sekitar 3000-an spesies ikan berada di Bunaken. Wilayah "Segi Tiga Emas" adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Karena kekayaan alam yang berada di Bunaken, organisasi nasional dan internasional non pemerintah saling bekerja sama dalam menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove.

Sejarah Taman Laut Bunaken

Keindahan taman laut yang didirikan pada tahun 1991 oleh pemerintah Indonesia kini telah di daftarkan sebagai warisan dunia asli Indonesia kepada UNESCO mulai tahun 2005. Maka tak ayal kunjungan wisatwan domestik maupun mencanegara ke Taman Laut ini kian tahun kian meningkat.
Dulu sebelum tahun 1970-an tak seorang pun yang mendengar nama Bunaken serta keindahan yang ada di dalam perairannya. Hingga pada tahun 1974, NDC atau Nusantara Diving Club yang merupakan salah satu klub selam tertua di Indonesia melakukan ekspedisi pencarian lokasi destinasi selam di kawasan seluruh Indonesia.
Menyadari begitu besarnya  potensi dan indahnya wisata selam di perairan Bunaken, Sulawesi ini, mereka pun lantas secara perlahan ikut merintisi embrio industri selam di kawasan ini serta instuisi selam dengan memaksimalkan potensi SDM lokal yang ada.

Kegiatan

Bunaken Surga Bawah Laut di Manado yang Mendunia
Menyelam merupakan cara terbaik bila Anda ingin secara utuh dan jelas menikmati keindahan panorama bawah laut Bunaken. Tersedia 23 tempat snorkeling atau penyelam dengan berbagai kedalaman yang bervariasi. Tidak hanya melihat barisan ikan bermacam rupa dan padang rumput laut, Anda juga bisa melihat kurang lebih 390 spesies terumbu karang yang memancarkan pesona menakjubkan. Bentuknya berlekak-lekuk unik, celah-celah hingga gua atau terowongan mungil bawah laut yang mungkin mustahil ditemukan di tempat lain. Di bawah hamparan laut seluas 890,65 km2 di kawasan Teluk Manado, Anda akan menemukan pesona keindahan ciptaan sang Maha Kuasa dengan menikmati terumbu karang berwarna-warni. Ada lebih dari 200 jenis spesies ikan serta beragam biota laut lainnya. Anda akan merasakan sensasi menyelam dengan sajian pemandangan bawah laut yang mempesona pada taman yang terletak 75 mil laut dari pantai Manado. Lokasi ini dapat dicapai dengan perjalanan 35 menit menggunakan perahu motor. Lokasi penyelaman terbaik banyak berada di dekat Bunaken dan Manado Tua.

Transportasi

Di Bunaken seakan surga bawah laut terletak, di bawah teluk Manado dengan keindahan flora dan fauna yang ada. Untuk bisa sampai ke Manado, ada pilihan maskapai penerbangan yang melayani rute tersebut, baik dari Jakarta, Denpasar, Makassar dan Sorong. Pulau Bunaken sangatlah mudah di capai dari Manado dengan kapal motor. Berangkat dari pelabuhan Manado, Molas, Kalasey dan pantai Ria Tasik.

Tips


Tanda masuk dan tiket dapat dibeli melalui operator wisata bahari Manado dan di Taman Nasional Bunaken. Anda juga dapat membeli di salah satu dari tiga counter tiket di Bunaken dan desa-desa Liang di pulau Bunaken dan Siladen, dengan harga Rp. 50.000,-/orang untuk sekali masuk. Dan Rp. 150.000,-/orang yang berlaku 1 tahun. Jika Anda membeli tiket yang berlaku 1 tahun, Anda akan diberi seperti lencana yang terbuat dari plastik sebagai pengganti tiket.

Selama musim pengunjung antara Juli dan Agustus biasanya akan sangat ramai. Banyak resor dan operator selam tidak akan dapat menerima wisatawan masuk pada waktu itu karena sudah penuh dipesan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Untuk tempat pemesanan kapal dari Manado menuju Bunaken, Anda dapat memilih Pasar Bersehati dan Marina. Sewa kapal dari Pasar Bersehati Manado ke Bunaken dengan tarif antara Rp. 300.000,- Rp. 400.000. Sedangkan jika dari Marina tarif yang berlaku lebih mahal yakni sekitar Rp. 600.000,- Rp. 800.000. Cara lebih ekonomis adalah bergabung bersama wisatawan-wisatawan lainnya dengan menumpang kapal tradisional bertarif rp. 50.000,-/orang, hanya saja mesti menunggu tempat duduk di atas kapal penuh dulu baru bisa berangkat.

Akomodasi

Di pulau ini Anda bisa memilih  penginapan dengan harga mulai dari Rp. 40.000,-/orang per hari, termasuk fasilitas penuh. Beberapa akomodasi hotel di kawasan Bunaken sudah tersedia dengan berbagai pilihan.
Anda juga dapat memilih tinggal di hotel kota Manado dan kemudian memesan paket ke Bunaken. Biasanya berangkat pagi hari dan kembali sore hari.


Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment