Saturday 16 November 2013

Keunikan Pink Beach di Lombok

Keunikan Pink Beach di Lombok

Pulau Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan Wisata Pantainya, salah satu pantai yang terkenal di Lombok adalah Pantai Pink. Sebenarnya pantai ini bukanlah sebuah pantai baru di Lombok, dahulu pantai ini bernama Pantai Tangsi. Namun karena pasir pantainya lebih banyak berwarna Pink, maka namanya di ganti menjadi Pantai Pink.


Pantai Pink terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur, dan sebenarnya Pantai Pink termasuk dalam daerah Pantai Tanjung Ringgit. Namun karena lokasinya yang terbilang "agak tersembunyi" dan jalur kesana juga susah, akhirnya tidak terekspose oleh para wisatawan. Dan di daerah pantai Pink ini terdapat sebuah meriam peniggalan Jepang.

Keunikan Pink Beach di Lombok
spons. hewan porifera yang ada di pantai tangsi
Pantai Pink ini merupakan pantai kedua di Indonesia  yang memiliki pasir berwarna Pink, dan yang satunya lagi berada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Rahasia pasir pantai ini bisa berwarna merah muda adalah karena adanya spons, atau hewan porifera yang hidup di sekitar pantai ini. Pecahan dari hewan inilah yang kemudian bercampur dengan pasir halus dan membuat pasir pantai menjadi pink.
Jika Anda mengambil segenggam pasir pantai ini, maka akan terlihat butiran pasir berwarna merah muda di antara pasir berwarna putih.

Transportasi


Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Pink, maka rute yang harus Anda lewati sama dengan rute dari kota Mataram, Lombok ke Pantai Tanjung Ringgit karena memang jaraknya berdekatan. Lama perjalanan sekitar 2 jam, dan perbedaanya hanya pada lokasi yang agak tersembunyi. Pintu masuk ke pantai ini, ada 1 km sebelum Anda memasuki pantai Tanjung Ringgt, atau sebelum sampai di pintu masuk pantai Ringgit, Anda akan melihat sebuah papan di pinggir jalan bertuliskan "PANTAI PINK 50 M".

Pantai Pink merupakan salah satu pantai favorit di Lombok, karena selain masih sepi pengunjung, pantai pink juga memiliki air laut yang tenang, dan ombak yang kecil, sehingga Anda bisa berendam dengan tenang, tempatnya pun bersih, sepanjang pantai ini Anda akan melihat keindahan pasir berwarna pink. Selain pantai Pink, pulau Lombok juga memiliki banyak objek wisata yang menarik.




Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment