Sunday 15 June 2014

Keliling Jailolo Dengan BENTOR

BENTOR : Beca Motor Bernyanyi khas Masyarakat Jailolo
sumber foto: indonesia.travel/id
Mencoba angkutan umum lokal bagian sebagian orang adalah pengalaman yang istimewa. Jika Anda berkunjung ke Jailolo, maka bersiap berdegup jantung dan telinga saat Anda berada di jalanannya. Itu karena banyaknya beca motor yang berlalu lalang di jalanan dengan suara musik yang sangat keras.

Beca motor atau disebut Bentor oleh masyarakat Jailolo memainkan lagu dengan volume yang begitu keras untuk menarik perhatian penumpang. Lagu yang yang dimainkan juga cukp beragam mulai dari lagu berbahasa daerah hingga lagu pop nasional dan rnb barat yang sedang populer. Tak hanya itu, Bentor juga dihiasi dengan lampu led berwarna-warni yang akan dinyalakan pada saat malam hari.

Kendaraan ini dilengkapi dengan alat pemutar musik mp3 atau bekas pemutar musik dari mobil yang ditenagai aki (accu). Pemutar musiknya juga tidak menggunakan kaset, tetapi menggunakan flashdisk dan memori card (mmc) sehingga lagu yang dimainkan dijamin tidak membosankan.

Bentor : Beca Motor Bernyanyi khas Masyarakat Jailolo
sumber foto: jailolofest.com
Bentor merupakan kendaraan motor yang dimodifikasi dengan menggunakan rumahan layaknya beca dengan atap. Kendaraan ini begitu nyaman dengan menggunakan kursi yang empuk dan pijakan kaki yang tidak membuat Anda merasa pegal. Kendaraan ini bermula pada tahun 2010 dan tidak lama kemudian sudah menjadi kendaraan favorit masyarakat Jailolo. Para wisatawan juga dapat berkeliling Jailolo dengan menggunakan kendaraan ini.

Supir Bentor tidak mematok harga untuk satu arah tujuan, tergantung jauh dekat jaraknya. Biasanya ongkos dimulai dari Rp.5.000,- hingga Rp.20.000,- tergantung jauh dekatnya. Anda juga dapat menyewanya seharian bila harga disepakati dengan  supirnya#AyoKeMaluku #JelajahiJailolo (sumber: http://t-baronda.blogspot.com/)

Tukang Tidur deng Kapala Bajalan.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment